Selasa, 15 November 2011

KOTA KENAGAN YANG EKSOTIS

    GUNUNGKIDUL

     DIY terdiri dari 5 kabupaten, salah satunya adalah Gunungkidul. Aku pindahan dari Bekasi, Jawa Barat, ayah ku asli Bantul, dan ibu ku asli Gunungkidul, ayah ku bekerja di Sekolah + Studio Music di Bekasi Jawa Barat. Aku mulai pindah ke Gunungkidul pada tahun 2010 saat masuk SMK. Walaupun sedikit kagok tinggal di desa tapi lama-lama aku bisa menyesuaikan keadaan di desa. Biarpun tinggal di gunung tetapi asyik juga kok jadi anak gunung. Digunung pun tidak kalah gaulnya dengan di kota. Banyak potensi-potensi yang tumbuh berkembang maju/pesat di Gunungkidul. Dari hasil panennya yang bisa di olah kembali menjadi makanan yang  bisa menembus pasaran nasional maupun internasional. Contohnya 'Bakpia Patuk', makanan ini mungkin sudah merajalela di berbagai kota di Indonesia tetapi siapa menduga kalau Bakpia Patuk ini sudah di ekxpor ke luar negeri juga.

     Seringkali Gunungkidul menjadi ejekan orang-orang kota yang menyebut Gunungkidul itu kota yang seperti neraka atau bisa membuat orang mederita. Ada juga yang bilang sering kekeringan, tidak ada sumber makanan, ada juga yang bilang kalau Gunungkidul itu masih 'Ndeso' atau desa pedalaman. Tetapi Gunungkidul bisa menepis ejekan-ejekan tersebut dengan hasil yang benar-benar baik. Buktinya Gunungkidul lebih berpotensi dari pada di kota. Saat ini memang banayk kerajinan atau makanan yang banyak di hasilkan dari Gunungkidul. Pendidikan dan olahraganya pun tidak akan kalah dengan yang dikota. 

      Walaupun di gunung, fasilitas pendukung sekolah tetap bisa bersaing dengan yang di kota. Sekolah-sekolah favorit dan SBI juga sudah banyak di Gunungkidul. Apalagi gunungkidul terdapat sekolah Sekolah menengah kejuruan yang cukup banyak dan peminatnya juga banyak untuk masuk SMK ataupun STM. Sudah banyak lulusan dari SMK atau STM yang sudah sukses bekerja di dalam negeri dan juga di luar negeri. Biarpun jarang lulusan SMK yang melanjutkan kuliah tetapi mereka malah lebih cepat berhasil, di bandingkan dengan yang kuliah. Tempat Wisata di Gunungkidul juga gak kalah bagusnya dengan Pantai di Sanur Bali. Salah satunya pantai Baron dan kawan-kawannya dijaadikan tempat wisata yang paling indah juga bagus aliase eksotis.

Aku cukup bangga bisa tinggal di Gunungkidul yang kata orang itu 'Ndeso',hehe. Biar kate anak gunung tapi aku gag bakal kalah saing sama anak-anak kota. Lagi pula aku pun setelah lulus SMK akan melanjutkan kerja di kawasah Jakarta & Jawa Barat. Di Gunung ntu bisa happy,gak gampang kena polusi udara, lebih nyaman jauh dari kebisingan jadi konsen belajar pun tidak mudah terganggu. Maka dari itu jangan meremehkan Gunungkidu, bisa jadi nanti mah punya pacar atau punya pasangan hidup orang Gunungkidul because cewek atau cowok Gunungkidul ntu gtak kalah cakep, pinter, andgaul kaya anak kota. hahaha. Sekali ke Gunungkidul akan berkali-kali terpesona dengan keindahan Gunungkidul. 

Sekian*The End

Tidak ada komentar:

Posting Komentar